Happy Birthday!

Selamat Ulang Tahun!

Selamat ulang tahun, selamat ulang tahun! Selamat ulang tahuuuuun, selamat ulang tahun!

Lagu itu, dinyanyikan setahun sekali, mengingatkan kita akan saat-saat paling membahagiakan kita. Inilah saat perhatian semua orang tertuju pada kita, dan rasanya mereka mengakui kita juga.

Belum lama ini, saya berkesempatan untuk mendengarkan seorang pebisnis ternama berbicara tentang bagaimana ia mengembangkan bisnisnya. Ia berbicara tentang bagaimana ia membangun berbagai hubungan dari nol dengan mendatangi orang-orang yang sepenuhnya tidak ia kenal. Namun yang lebih penting, ia berbicara tentang bagaimana mengelola hubungan-hubungan tersebut.

Salah satu hal yang ia bicarakan adalah tindakan sederhana mengucapkan selamat ulang tahun. Ia mengatakan bahwa semua orang senang jika ulang tahunnya diingat – itu membuat mereka merasa spesial. Bahkan jika Anda tidak menghubunginya selama setahun penuh, ucapan selamat ulang tahun yang sederhana secara otomatis membantu Anda terhubung kembali dengan orang tersebut, dan membuatnya tahu bahwa Anda masih memikirkannya. Dengan cara ini, Anda menciptakan itikad baik dengan orang tersebut.

Pernyataannya yang sederhana membuat saya mulai berpikir bahwa ia mungkin ada benarnya. Dengan teknologi dewasa ini, seperti Facebook dan Google yang secara otomatis mengingatkan kita tentang ulang tahun teman-teman kita, yang kita butuhkan hanyalah sedikit usaha untuk menyapa mereka dengan mengirimkan pesan, email atau memposting di timeline mereka. Saya juga teringat disaat saya berulang tahun, dan orang-orang mengucapkan selamat kepada saya. Tentu saja saya menghargai pemberian ucapan tersebut, namun ucapan-ucapan yang paling membuat saya tersenyum adalah yang datang dari orang-orang yang saya pikir telah kehilangan kontak. Melihat ucapan-ucapan selamat dari mereka membuat saya merasa bahwa mereka masih menganggap saya sebagai teman, dan itu membuat saya senang.

Saya mulai menjadikan ini sebagai bagian dari hidup saya. Saya mulai berhubungan kembali dengan rekan-rekan bisnis saya dan menanyakan kapan mereka berulang tahun. Banyak di antara mereka terkejut saat saya menanyakannya. Saya mencatat tanggal-tanggal tersebut di daftar kontak saya. Saya juga melakukannya terhadap teman-teman beserta pasangan dan anak-anak mereka. Dan setiap kali pengingat hari ulang tahun mereka muncul, saya mengirimkan pesan pribadi ucapan selamat ulang tahun untuk mereka. Saya memastikan agar saya juga melakukan hal yang sama kepada semua enterpriser yang menambahkan saya sebagai teman di Facebook. Menurut saya, mereka telah menjadikan bisnis kami penting bagi mereka, setidaknya yang dapat saya lakukan adalah mengucapkan Selamat Ulang Tahun kepada mereka.

Meskipun itu hanyalah ungkapan kecil dari saya, saya merasa sangat senang dapat menghubungi mereka semua secara langsung. Dan responnya sangat luar biasa! Orang-orang mengucapkan terima kasih, dan merasa senang karena saya telah menghubungi mereka. Saya bahkan menghidupkan kembali pertemanan lama dan mendapat teman-teman baru karenanya. Semua karena ungkapan sederhana berupa ucapan selamat ulang tahun.

Saya mendorong Anda untuk mencobanya juga. Sempatkan diri untuk mencatat hari-hari ulang tahun orang-orang yang Anda kenal, dan berikan ucapan selamat pada hari tersebut. Sebagaimana Anda ingin mendapatkan ucapan selamat pada hari ulang tahun Anda, lakukan hal yang sama terhadap mereka. Setidaknya, apa yang Anda lakukan adalah menunjukkan penghargaan terhadap mereka apa adanya dan mengatakan “Hei, saya sangat senang Anda dilahirkan!”. Saya yakin Anda juga akan mulai mengubah cara pandang orang lain terhadap Anda.

Apa yang saya pelajari dari hal ini adalah bahwa ungkapan terkecil seringkali memiliki dampak paling besar. Dan ini hanyalah satu contoh bagaimana sebuah ucapan yang sederhana dapat mengubah sebuah hubungan. Saya yakin ada banyak lagi cara untuk melakukan ini, jadi jika Anda punya sesuatu yang bisa Anda ceritakan, silakan mengirimkan pesan untuk saya di sini atau di akun Facebook saya.

Semoga hari Anda menyenangkan!

Brandon Chia, 37 has been the Chairman and CEO of HDI since 2013. He was named CEO in 2011 and Chairman in January 2013. He succeeds Peter Chia, Founder and Chairman Emeritus as the 2nd generation business owner. Born in Singapore with a Degree in Law from the National University in Singapore, Brandon has championed consolidation, streamlining and efficiency of the various businesses within the group. He was also instrumental in driving double-digit growth of the organization’s revenue and profitability. In 2013, he led the organisation in rebranding itself from High-Desert to HDI across all the countries and business units. He created the vision, mission, values, purpose and legacy for the brand and also reorganised the portfolio of products, segregating them under different categories each with their own market position and target audience. He also worked to develop a turnkey franchise system that would allow the organisation to grow rapidly in emerging markets. Prior to being appointed Chairman and CEO, Brandon served as the International Operations Manager, jumpstarting the Philippines offices and focussing on growing the Outdoor Advertising, Finance and stock brokerage industries. He also started up two new businesses, Resource and Systech, successful spin offs from the Shared Services division of the Philippines. Brandon’s personal philosophy is about growth and evolution of mankind. His vision is to create healthy, open communities of people that share their knowledge readily and are able to live, learn and love beyond themselves.

Leave a Reply

1 Comment

  1. Samin Muin

    Yes u are right sir. A little thing but very appreaciated. Send to congrate someone special moment is the special way which remind him about ourselve. Also to make our friendship more greatful.
    Small thing but good character.
    God bless all of your family; always and forever. Amen. Our great love from Palembang ‘s HD members.☺ We always learn from u.
    Bye.. bye.

Next ArticleThe Dreamer and His Dreams